Menembus Batas: Starlink, Perkembangan Revolusioner dalam Akses Internet Global

by pronews
0 comment

Dengan munculnya Starlink, sebuah proyek ambisius yang dikerjakan di bawah naungan perusahaan ruang angkasa terkemuka, SpaceX, dunia menyaksikan revolusi baru dalam hal akses internet global. Menciptakan konstelasi satelit di angkasa, Starlink bertujuan untuk menghadirkan sistem komunikasi internet yang tidak hanya unggul dalam kinerja, tetapi juga memiliki harga yang sangat terjangkau.

Dibalik layar, Starlink mengatur konstelasi satelit dalam tiga ketinggian orbit yang berbeda. Tahap pertama dari proyek ini melibatkan peluncuran 1584 satelit menuju orbit sekitar 550 km di atas permukaan Bumi. Orbit ini dirancang dengan inklinasi sebesar 55°, dibagi menjadi 40 bidang orbit yang berbeda, masing-masing mengakomodasi 66 satelit. Langkah selanjutnya adalah pengisian dua ketinggian orbit lainnya: 7518 satelit direncanakan untuk orbit sekitar 340 km, sementara 2841 satelit akan diposisikan di ketinggian sekitar 1200 km.

Info Properti : Apartemen Citraland Vittorio Surabaya

Tahap awal ini membutuhkan 24 peluncuran dengan 60 satelit pada setiap peluncuran untuk mencapai jangkauan global. Namun, menariknya, hanya dibutuhkan 6 peluncuran untuk menyediakan layanan internet di Amerika Utara. SpaceX telah merencanakan satu hingga lima peluncuran tambahan Starlink hingga akhir tahun 2019.

Dalam pelaksanaannya, pusat pengembangan satelit Starlink yang berlokasi di Redmond, Washington, menjadi pusat penting bagi riset, pengembangan, dan produksi satelit. Pusat kontrol di Redmond juga menjadi sarang yang mengawasi operasi seluruh satelit dalam proyek revolusioner ini.

Tidak dapat dipungkiri, kehadiran Starlink menciptakan gelombang ekspektasi yang tak terhindarkan di kalangan masyarakat global. Dengan akses internet yang cepat dan andal menjadi semakin penting dalam kehidupan modern, Starlink menjanjikan potensi besar untuk mengatasi masalah konektivitas yang telah lama menghambat perkembangan di banyak wilayah di seluruh dunia.

Info Properti : Alsuterapro Real Estate

Sebagai sebuah inovasi teknologi yang mendorong batas-batas kemungkinan, Starlink membawa perubahan besar dalam cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Dengan visi dan tekad yang kuat, SpaceX memimpin jalan dalam membawa akses internet global yang merata, menghapuskan batasan geografis, dan membuka pintu untuk era baru konektivitas yang tidak terbatas.

Info Properti : Ciputra World Surabaya

Leave a Comment